Rabu, 16 Desember 2015

SOAL DAN JAWABAN UTS



Nama              : Nadariah
NPM               : 1302090080
Unit/Smt         :V/C   

UTS
Soal dan Jawaban
1.        Jelaskan apa yang dimaksud dengan landasan penggunaan media pembelajaran ! sebutkan 4 macam landasan penggunaan media pembelajaran.!
Jawaban : landasan penggunaan media pembelajaran merupakan suatu dasar yang digunakan dalam mengembangkan dan dapat meningkatkan kualitas potensi belajar. Dan diharapkan proses pembelajaran menjadi lebih efektif, interaktif, dan efesien. Adapun yang menjadi dasar landasan penggunaan media pembelajaran yaitu:
1.      Landasan Filosofis
Landasan psikologis sangat penting dipertimbangkan dalam penggunaan media pembelajaran, karena persepsi siswa juga sangat mempengaruhi dalam menentukan hasil belajar. Oleh sebab itu, faktor-faktor yang berpengaruh terhadap penjelasan persepsi, hendaknya diupayakan secara optimal agar proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif.
2.      Landasan Psikologis
Landasan psikologis sangat penting dipertimbangkan dalam penggunaan media pebelajaran, karena persepsi siswa juga sangat mempengaruhi dalam menentukan hasil belajar. Oleh sebab itu, faktor-faktor yang berpengaruh terhadap penjelasan persepsi, hendaknya diupayakn secara optimal agar proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif.
3.      Landasan Teknologi
Landasan Teknologi ini sangat dibutuhkan, terutama untuk memecahkan persoalan belajar manusia atau dengan kata lain mengupayakan agar manusia (peserta didik) dapat belajar dengan mudah dan mencapai hasil secara optimal. Pemecahan masalah belajar tersebut terjelma dalam bentuk semua sumber belajar atau sering dikenal dengan komponen pendidikan yang meliputi: pesan, orang atau manusia, bahan, peralatan, teknik, dan latar atau lingkungan.
4.      Landasan Empiris
Landasan Empiris Menurut sukiman dalam bukunya pengembangan media pembelajaran, agar proses belajar dapat efektif perlu juga disesuaikan dengan tipe atau gaya belajar peserta didik. Gaya belajar adalah kecenderungan orang untuk menggunakan cara tertentu dalam belajar. Secara umum ada tiga macam gaya belajar, yaitu: visual, auditorial, dan kinestetik.

2.        Mengapa guru perlu memahami klasifikasi media pembelajaran?
Jawaban : Karena, dengan adanya guru mengetahui klasifikasi media pembelajaran guru tidak salah memberikan media didalam Proses Belajar Mengajar, serta media dan pelajaran yang disajikan sesuai dengan materi ajar.  Minsalnya kita belajar tentang sistem sirkulasi darah jadi media yang kita gunakan harus sesuai dengan materinya dan kita  bisa  menggunakan media berupa gambar tentang sistem sirkulasi darah, melalui alat peraga yang kita buat sendiri, melalui video yang telah dibuat tentang sistem sirkulasi darah.

3.        Jelaskan manfaat media pembelajaran bagi pembuat rencana pengembangan pembelajaran ?
Jawaban : Manfaat media  pembelajaran  bagi  pembuat Rancangan Pengembanng Pelajaran yaitu dapat memudahkan kita dalam mengimplementasikan PBM, serta Pembelajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar, Memperbesar perhatian siswa, Meletakkan dasar-dasar yang penting untuk perkembangan belajar, oleh karena itu membuat pelajaran lebih mantap, kemudian bahan pembelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh siswa dan memungkinkannya menguasai dan mencapai tujuan pembelajaran, dan metode mengajar akan lebih baik bervariasi, tidak semata-mata komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata oleh guru, sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga, apalagi kalau guru mengajar pada setiap jam pelajaran, dan Siswa dapat lebih banyak melakukan kegiatan belajar sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru, tetapi juga aktivitas lain seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, memerankan, dan lain-lain.

4.        Penggunaan media pembelajaran tidak akan menggantikan peranan guru dalam proses pembelajaran, jelaskan !
Jawaban : Karena guru merupakan orang yang menggunakan media, dan media sebagai alat dan   perantara ataupun penunjang Proses Belajar Mengajar  yang digunakan oleh guru agar pembelajarannya berlangsung secara efektif dan efesien. Dan dengan menggunakan media pembelajaran pelajaran yang diajarkan guru akan lebih konkrit dan jelas.

5.        Bagaimanakah pendapat anda tentang pembelajaran berbasis internet (wajib dijawab)
Jawaban : Pendapat saya tentang pembelajaran berbasis internet itu sangat baik dan bagus karena menjadi nilai tambahan tersendiri bagi guru yang bisa mengoprasikan media internet. Kemudian dalam proses pembelajaran juga sangat membantu siswa karena siswa bisa mengakses sendiri pelajaran yang diberikan guru melalui media internet serta dapat memudahkan kita dalam proses pembelajaran. Kemudian proses pembelajaran tidak terbatas oleh waktu seperti halnya tatap muka biasa, bahan belajar yang didapat juga lebih akurat dan terkini, dan dimungkinkan terjadinya distribusi pendidikan ke semua penjuru tanah air dan kapasitas daya tampung yang tidak terbatas karena tidak memerlu-kan ruang kelas.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar