Jumat, 11 Desember 2015

MEDIA KOMPUTER

MEDIA KOMPUTER

DISUSUN
OLEH :
KELOMPOK: 5
Nama              : Andawiyah             (1302090091)
   Rahmawati             (1302090090)
   Nurizka                   (1302090092)
    Sarah                       (1302090093)
Unit                : V/C
Matakul          : Sumber Dan Media Pembelajaran
Dosen              : Drs HAMBALI,  M.Pd



 














FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ALMUSLIM
MATANGGLUMPANGDUA, BIREUEN
2015

KATA PENGANTAR


Segala puji bagi Allah SWT yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan-Nya mungkin Penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik.
Makalah ini disusun berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini disusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri kami sebagai penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah SWT akhirnya Makalah ini dapat terselesaikan.
Makalah ini memuat tentang Media Komputer.”kami juga mengucapkan terima kasih kepada Dosen Pembimbing yang telah membimbing kami agar dapat menyelesaikan makalah ini.
Semoga Makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki banyak kekurangan. Kami mohon untuk saran dan kritiknya.

Bireuen,11 November  2015


(KELOMPOK 5)

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ..................................................................................      i
 DAFTAR ISI..................................................................................................      ii
BAB I PENDAHULUAN..............................................................................      1
           1.1  Latar Belakang......................................................................................      1
           1.2  Rumusan Masalah.................................................................................      1
           1.3  Tujuan ..................................................................................................      2
BAB II PENDAHULUAN.............................................................................      3
 2.1 Pengertian Media Komputer.................................................................      3
 2.2 Karakteristik Media Komputer.............................................................      4
 2.3 Fungsi dan Kegunaan Media Komputer ..............................................      4
 2.4 Aplikasi Komputer dalam Kegiatan Pembelajaran ..............................      5
 2.5 Fungsi dari hyperlink............................................................................      6
BAB III PENUTUP.......................................................................................      7
          3.1  Kesimpulan ..........................................................................................      7
             DAFTAR PUSTAKA






BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Perkembangan teknologi yang sangat pesat sangat berpengaruh dalamdunia pendidikan. Dengan berkembangnya teknologi ini mengakibatkan berkembangnya ilmu pengetahuan yang memiliki dampak positif maupun negatif. Perkembangan teknologi ini dimulai dari negara maju, sehingga Indonesia sebagai negara berkembang perlu mensejajarkan diri dengannegara-negara yang sudah maju tersebut. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar. Para guru dituntut agar mampu menggunakan alat-alat yangdapat disediakan oleh sekolah, dan tidak tertutup kemungkinan bahwa alat-alat tersebut sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman.
Guru sekurang-kurangnya dapat menggunakan alat yang murah dan efisien meskipun sederhana dan bersahaja tetapi merupakan keharusan dalam upaya mencapai tujuan pengajaran yang diharapkan. Disamping mampu menggunakan alat-alat yang tersedia, guru juga dituntut untuk dapat mengembangkan ketrampilan membuat media pengajaran yang akan digunakannya apabila media tersebut belum tersedia. Untuk itu guru harus memiliki pengetahuan dan pemahamaan yang cukup tentang media pengajaran. Dari beberapa model pembelajaran, ada model pembelajaran yang menarik dan dapat memicu peningkatan penalaran siswa yaitu model pembelajaran berbasis computer. Pada dasarnya, pembelajaran berbasis komputer adalah suatu sistem pengajaran yang cocok dengan otak yang menghasilkan makna dengan menghubungkan muatan akademik dengan konteks teknologi.

B. Rumusan Masalah
1. Apasajakah karakteristik media komputer ?
2. Apasajakah fungsi dan kegunaan media komputer ?
3. Bagaimana mengaplikasikan media komputer?
           
c. Tujuan
1.      Mengetahui karakteriskik media Komputer!
2.       Menjelaskan fungsi dan kegunaan media Komputer!
3.       Mendeskripsikan aplikasi media Komputer!

BAB II
PENDAHULUAN

A. Pengertian Media Komputer
            Media Komputer merupakan mesin yang di rancang khusus untuk  memanipulasi informasi yang secara otomatis melakukan pekerjaan dan perhitungan sederhana. Satu unit computer terdiri atas empat komponen dasar yaitu keyboard , Cpu pemroses data yang di input , penyimpanan data yang di simpan . pemanfaatan computer untuk pendidikan yang di kenal dengan pembelajaran computer yang di gunakan untuk mengadministrasikan tes dan pengelolaan administrasi sekolah, penyajiaan informasi isi materi pelajaran, latihan atau kedua-duanya , dan computer dapat menyajikan informasi dan tahapan pembelajaran lainnya di sampaikan dengan media computer 
            Berikut ini di kemukakan beberapa kekuatan dan keterbatasan computer yang di gunakan untuk tujuan pendidikan .
a. Keuntungan
1.      Komputer dapat mengakomodasi siswa yang lambat menerima pembelajaran dan dapat memberikan iklim yang lebih bersifat afektif dengan cara yang lebih individual .
2.      Komputer dapat merangsang siswa untuk mengerjakan latihan, melakukan kegiatan laboratorium atau simulasi dalam animasi grafik dan warna .
3.      Dapat berhubungan dengan video dalam program computer.
b. Keterbatasan
1.      Menggunakan computer di perlukan pengetahuan dan keterampilan khusus tentang computer
2.      Beragaman model Komputer (perangkat keras)
3.      Komputer hanya efektif bila di gunakan satu orang atau beberapa orang dalam kelompok dan mampu nmemproyeksi layar secara lebih besar.

B. Karakteristik Media Komputer
            Komputer merupakan jenis media yang secara teknis dapat menyediakan respons yang segera terhadap hasil belajar yang dilakukan oleh siswa. Lebih dari itu, komputer memiliki kemampuan menyimpaan dan memanipulasi informasi sesuai dengan kebutuhan serta menayangkan beragam bentuk media di dalamnya.Saat ini teknologi komputer tidak lagi hanya digunakan sebagai sarana komputasi dan pengolahan kata (word processor), tetapi juga sebagai sarana belajar multimedia yang memungkinkan mahasiswa membuat desain dan rekayasa suatu konsep dan ilmu pengetahuan.Multimedia berbasis komputer dapat pula dimanfaatkan sebagai saranadalam melakukan simulasi untuk melatih keterampilan dan kompetensi tertentu.
Perkembangan teknologi komputer saat ini telah membentuk suatu  jaringan (network) yang dapat memberi kemungkinan bagi siswa:
Karakteristik media hasil teknologi yang berdasarkan komputer:
a.       Mengumpulkan data mengenai siswa
b.      Dapat digunakan sesuai keinginan siswa atau perancang.
c.       Gagasan disajikan dalam gaya abstrak dengan simbol dan grafik.
d.      Berorientasi pada siswa dan melibatkan interaktifitas siswa yang tinggi
e.       Membuat catatan perkembangan pembelajaran (kelompok atau perorangan)

C. Fungsi dan Kegunaan Media Komputer
            Adapun fungsi media komputer dalam pembelajaran diantaranya sebagai alat untuk memperjelas pesan yang disampaikan guru. Serta untuk pembelajaran individual dimana kedudukan media sepenuhnya melayani kebutuhan belajar siswa (pola bermedia). Penggunaan Multimedia presentasi digunakan untuk menjelaskan materi-materiyang sifatnya teoritis, digunakan dalam pembelajaran klasikal dengan group belajar yang cukup banyak. Media ini cukup efektif sebab menggunakan multimedia proyektor yang memiliki jangkauan pancar cukup besar.
Kelebihan media ini adalah menggabungkan semua unsur media seperti teks, video, animasi, image, grafik, dan sound menjadi satu kesatuan penyajian sehingga mengakomodasi sesuai dengan modalitas belajar siswa multimedia interaktif dapat digunakan pada pembelajaran disekolah, sebab cukup efektif karena meningkatkan hasil belajar siswa terutama komputer. Selain itu, juga bersifat multimedia yang mempunyai unsur-unsur lengkap meliputi sound, animasi, video, teks, dan grafis.c. Video Pembelajaran Selain CD interaktif, video termasuk media yang dapat digunakan untuk pembelajaran di SD. Video ini bersifat interaktif-tutorial yakni membimbing siswa untuk memahami sebuah materi melalui visualisasi. Siswa juga secara interaktif mengikuti kegiatan praktik sesuai yangdiajarkan dalam video. Penggunaan CD interaktif di SD cocok untuk mengajarkan suatu proses. Misalnya cara penyerbukan pada tumbuhan, teknik okulasi, pembelahan sel, proses respirasi, dan lain-lain.


D. Aplikasi Komputer dalam Kegiatan Pembelajaran
Aplikasi komputer dalam bidang pembelajaran memungkinkan berlangsungnya proses belajar secara individual (individual learning). Pemakai komputer atau user dapat melakukan interaksi langsung dengan sumber informasi. Perkembangan teknologi komputer jaringan (computer network/Internert) saat ini telah memungkinkan pemakainya melakukan interaksi dalam memperoleh pengetahuan dan informasi yang diinginkan.Berbagai bentuk interaksi pembelajaran dapat berlangsung dengan tersedianya medium komputer.
Beberapa lembaga pendidikan jarak jauh di sejumlah negara yang telah maju memanfaatkan medium ini sebagai sarana interaksi. Hyper-link Hyperlink adalah cara untuk menghubungkan suatu bagian dalam slide, file, program, atau halaman web dengan bagian lainnya dalam bidang-bidang tersebut. Hyperlink digunakan untuk menunjukan lokasi lain dari dari teks atau objek yang dipresentasikan. Hyperlink dapat menghubungkan beberapa dokumen, file, objek, aplikasi, halaman web dan sebagainya. Hyper-link terdiri dari dua fungsi sebagai penghubung, yaitu:  Hyper-link antar file (dari file jenis powerpoint ke file lain)
Hyperlink adalah cara untuk menghubungkan suatu bagian di dalam slide, file, program ataupun pada halaman web dengan bagian yang lainnya dalam bidang-bidang tersebut. Hyperlink sering dipakai untuk menunjukan lokasi lainnya dari dari teks maupun objek yang diperlihatkan atau dipresentasikan. Hyperlink dapat menghubungkan beberapa file, objek, aplikasi, dokumen, halaman web dan lain-lain.
Atau definisi hyperlink yang lainnya adalah suatu teks yang akan mengarahkan ke tampilan dokumen atau halaman lain. Hyperlink sering kita kenal dengan link, kalau kita menklik hyperlink pada halaman suatu website berarti kita telah menbrowse WWW (World Wide Web) dan  menuju ke halaman yang lain ataupun ke dokumen lain.

E. Fungsi dari hyperlink
Fungsi Hyperlink yaitu, lebih sering disingkat atau disebut Link merupakan suatu fungsi dalam HTML (Hyper Text Markup Language) yang memiliki tujuan untuk memudahkan visitor atau pengunjung pada suatu web untuk menelusuri berbagai informasi yang tersimpan di dalam suatu website yang dikunjunginya, dan link juga berguna untuk menghubungkan antar dokumen HTML.
Link pada umumnya ditampilkan dalam huruf dengan warna yang berbeda, apabila kursor mouse komputer kita diarahkan ke link tersebut maka huruf akan kelihatan bergaris bawah dan juga kursor biasanya akan berubah bentuk menjadi gambar tangan yang menujuk pada link tersebut. Jika link tersebut sebelumnya pernah di kunjungi atau diakses, maka objek link tersebut warnanya berubah mejadi ungu atau warna lainnya. Link dapat juga dipasang pada gambar dan jika kita mengklik gambar tersebut akan dibawa ketampilan yang lain.































BAB III
PENUTUP

A.      Kesimpulan
  1. Komputer merupakan satu perangkat pengolah data yang dapat didesain dan dikembangkan untuk membantu manusia menjalankan aktivitasnya
  2. Sebagai alternatif sumber belajar, komputer digunakan untuk mentransfer materi-materi kepada peserta didik atau dalam konteks pembelajaran disebut dengan Media Pembelajaran Berbasis Komputer.
  3. Media pembelajaran adalah semua bentuk perantara yang digunakan dalam pembelajaran yang berupa informasi, pendapat atau gagasan yang dapat memberi rangsangan kepada peserta didik sehingga terjadi interaksi antara pemberi pesan dan penerima pesan.
  4. Komputer adalah seperangkat elektronik yang dapat menerima masukan(input), dan selanjutnya melakukan pengolahan (process) untuk menghasilkan keluaran (output) berupa informasi secara cepat melalui suatu program atau aplikasi tertentu.
  5. Bentuk-bentuk penggunaan komputer sebagai media pembelajaran :Penggunaan Multimedia Presentasi, CD Multimedia Interaktif, dan Video Pembelajaran















DAFTAR PUSTAKA

Arsyad Azhar .2007 Media Pembelajaran .Jakarta : PT Raja Gravindo Persada,
Usman. 2009. Media Pembelajaran . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Panjidewantoro./2013/03/plain-hyper./2009/12/Pengertian-hyperlink.




ii
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar