Oleh
kelompok : 3
Nama : Nadariah (1302090080)
Zulhanif (1302090082)
Aprilia
(1302090083)
Rahmad
hidayat (1302090084)
SMT/UNIT : V/C
Mata
Kuliah : Sumber dan Media
Pembelajaran SD.
Dosen
Pengampu : Dr. H. Hambali, SE.,M.Pd.

UNIVERSITAS
ALMUSLIM KABUPATEN BIREUEN
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
2015
KATA PENGANTAR
Segala
puji bagi Allah yang maha memberi rahmat dan hidayah sehingga penyusunan
Makalah kami ini bisa diselesaikan dengan baik. Selawat beriring salam
senantiasa disampaikan kepada junjungan alam yang dikagumi oleh makhluk didalam
dunia yaitu Nabi besar Muhammad Saw beserta keluarga dan sahabat beliau
sekalian, karena dengan perjuangan merekalah telah merubah kehidupan di dalam
dunia ini, dari jahiliah ke islamiah yang bernuansa keilmuan dan
akhlakulkarimah.
Buat
penulis, Makalah ini adalah sebagai salah satu kewajiban atau syarat yang harus dilaksanakan untuk
menyelesaikan Mata Kuliah Sumber dan
Media Pembelajaran SD. Berkat bantuan dari berbagai pihak maka tersusunlah
Makalah ini, untuk itu kami menyampaikan
ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam
menyelesaikan Makalah ini.
Di
dalam membuat makalah ini tidak sedikit kendala
yang kami hadapi, oleh sebab itu dengan lapang dada dan tangan terbuka
kami mohon maaf apabila masih ada kesalahan dan kesilapan di dalam
penyusunannya baik dalam peletakan spasi, tanda titik, koma dan sebagainya.
Semoga dengan adanya Makalah ini, bisa berguna dan bermanfaat bagi kita semua,
baik bagi diri sendiri maupun bagi teman-teman semua. Kritik dan saran
senantiasa kami harapkan untuk kesempurnaan Makalah ini.
MatangGlumpangdua, November 2015
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR............................................................................................ i
DAFTAR ISI............................................................................................................ ii
BAB
I PENDAHULUAN................................................................................... 1
1.1.LatarBelakang................................................................................................ 1
1.2.Rumusan
masalah.......................................................................................... 2
1.3.Tujuan
........................................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN...................................................................................... 3
2.1.Pengertia
Media pembelajaran ..................................................................... 3
2.2.Fugsi
media pembelajaran ............................................................................. 3
2.3.Manfaat
media pembelajaran ........................................................................ 4
BAB III PENUTUP................................................................................................ 7
3.1.Kesimpulan.................................................................................................... 7
BABI
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dewasa ini
bidang pembelajaran secara umum sedikit banyaknya terpengaruh oleh adanya
perkembangan dan penemuan-penemuan dalam bidang keterampilan, ilmu, dan
teknologi. Pengeruh perkembangan tersebut tampak jelas dalam upaya-upaya
pembaharuan sistem pendidikan dan pembelajaran. Upaya pembaharuan itu menyentuh
bukan hanya sarana fisik/ fasilitas pendidikan, tetapi juga sarana non-fisik
seperti pengembangan kualitas tenaga-tenaga kependidikan yang memiliki
pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan memanfaatkan fasilitas yang tersedia,
cara kerja yang inovatif, serta sikap yang fositif terhadap tugas-tugas
kependidikan yang diembannya. Salah satu bagian integral dari upaya pembaharuan
itu adalah pengembangan-pengembangan dalam dunia media pembelajaran.
Belajar adalah
suatu proses yang kompleks yang terjadi pada diri setiap orang sepanjang
hidupnya. Proses belajar itu terjadi karena adanya interaksi antara seseorang
dengan lingkungannya. Oleh karena itu, belajar dapat terjadi kapan saja dan
diman saja. Salah satu pertanda bahwa seeseorang itu telah belajar adalah
adanya perubahan tingkah laku pada diri orang itu yang mungkin disebabkan oleh
terjadinya perubahan pada tingkat pengetahuan, keterampilan, atau sikapnya.
Dalam suatu
proses belajar mengajar, dua unsur yang sangat penting adalah metode mengajar
dan media pembelajaran. Kedua aspek ini saling berkaitan. Pemilihan salah satu
metode mengajar teertentu akan mempengaruhi jenis media pembelajaran yang
sesuai, meskipun masih ada berbagai aspek lain yang harus diperhatikan dalam memilih media, antara lain tujuan
pembelajaran, jenis tugas dan respon yang diharapkan siswa kuasai setelah
pembelajaran berlangsung, dan konteks pembelajaran termasuk karakteristik
siswa. Meskipun demikian, dapat dikatakan bahwa salah satu fungsi utama media
pembelajaran adalah sebagai alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim,
kondisi, dan lingkungan belajar yang ditata dan diciptakan oleh guru.
Dalam proses
belajar aktif, guru memiliki kewajiban untuk menyampaikan pengetahuan,
pengalaman dan pandangannya terhadap bahan yang mereka pelajari. Waktu untuk
menyampaikan pesan tersebut sangat terbatas, karena sebagian besar waktu
belajar telah digunakan oleh para siswa untuk melakukan eksplorasi dan
elaborasi. Oleh sebab itu, para guru
diharapkan mampu menyajikan bahan-bahan yang akan disampaikannya itu secara efesien, dalam waktu yang pendek tapi
banyak informasi tersajikan.kemudian sajian
mutlak di akhir sesi pembelajaran, karena memberikan justifikasi
terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu guru memerlukan bantuan media,
agar lebih efektif menyampaikan bahan dan informasi penetahuan, serta memilki
daya tarik bagi para siswa untuk memperhatikannya.
1.2 Rumusan Masalah
1. Apa
manfaat/kegunaan media dalam pembelajaran ?
2. Apa
fungsi media dalam pembelajaran ?
1.3 Tujuan
1. Untuk
mengetahui manfaat/kegunaan media dalam pembelajaran.
2. Untuk
memahami fungsi media dalam pembelajaran.
BAB
II
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian media pembelajaran
Media
pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan,
merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat
mendorong proses belajarnya.
2.2 Fungsi media pembelajaran
Hamalik ( 1986)
mengemukakan bahwa pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar
dapat membangitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa
pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Penggunaan media pembelajaran pada
tahap orientasi pembelajaran akan sangat membantu keefektifan proses
pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pelajaran pada saat itu. Selain
membangkitkan motivasi dan minat siswa, media pembelajaran juga dapat membantu
siswa meningkatkan pemahaman, menyajikan
data dengan menarik dan terpercaya, memudahkan penafsiran data, dan memadatkan
informasi.
Adapun
fungsi utama media pembelajaran adalah
sebagai Alat bantu pembelajaran.
Media sebagai alat
bantu disini maksudnya apabila ada materi pelajaran yang rumit/kompleks dan
abstrak maka akan susah dipahami oleh siswa.
tanpa bantuan media, maka materi ajar tersebut menjadi sukar dicerna dan
dipahami oleh setiap siswa. Fungsi media sebagai alat bantu pembelajaran
memiliki kualitas tertinggi dalam meningkatkan pencapaian tujuan pembelajaran,
serta dengan bantuan media pembelajaran akan menghasilkan proses dan hasil
belajar yang lebih baik dari pada tanpa bantuan media.
Levie
& Lentz (1982) mengemukakan empat fungsi media pembelajaran, khususnya
media visual, yaitu:
1. Fungsi
atensi
Fungsi
atensi media visual merupakan inti, yaitu menarik dan mengarahkan perhatian
siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna
visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran.
2. Fungsi
afektif
Fungsi
afektif media visual dapat terlihat dari tingkat kenikmatan siswa ketika
belajar (atau membaca) teks yang
bergambar. Gambar atau lambang visual dapat menggugah emosi dan sikap siswa,
minsalnya informasi yang menyangkut masalah sosial atau ras.
3. Fungsi
kognitif
Fungsi
kognitif media isual terlihat dari temuan-temuan penelitian yang mengungkapkan
bahwa lambang visual atau gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk mmahami
dan mengigat informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar.
4. Fungsi
kompensatoris
Fungsi
kompensatoris media pembelajaran terlihat dari hasil penelitian bahwa media
visual yang memberikan konteks untuk memahami teks membantu siswa yang lemah
dalam membaca untuk mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya
kembali.
2.3 Manfaat media pembelajaran
Sudjana &
Rivai (1992:2) mengemukakan manfaat media pembelajaran dalam proses belajar siswa, yaitu :
1. Pembelajaran
akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar.
2. Bahan
pembelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh siswa
dan memungkinkannya menguasai dan mencapai tujuan pembelajaran.
3. Metode
mengajar akan lebih baik bervariasi, tidak semata-mata komunikasi verbal
melalui penuturan kata-kata oleh guru, sehingga siswa tidak bosan dan guru
tidak kehabisan tenaga, apalagi kalau guru mengajar pada setiap jam pelajaran.
4. Siswa
dapat lebih banyak melakukan kegiatan belajar sebab tidak hanya mendengarkan
uraian guru, tetapi juga aktivitas lain seperti mengamati, melakukan,
mendemonstrasikan, memerankan, dan lain-lain.
Encyclopedia
of Educational Research dalam Hamalik (1944:15) merincikan
manfaat media pendidikan sebagai berikut :
1. Meletakan
dasar-dasr konkret untuk berpikir, oleh karena itu mengurangi verbalisme.
2. Memperbesar
perhatian siswa.
3. Meletakkan
dasar-dasar yang penting untuk perkembangan belajar, oleh karena itu membuat
pelajaran lebih mantap.
4. Memberikan pengalaman nyata yang dapat
menumbuhkan kegiatan berusaha sendiri di kalangan siswa.
5. Menumbuhkan
pemikiran yang teratur dan kontinyu, terutama melalui gambar hidup.
6. Membantu
tumbuhnya pengertian yang dapat membantu perkembangan kemampuan berbahasa.
7. Memberikan
pengalaman yang tidak dapat diperoleh dengan cara lain, dan membantu efisiensi
dan keragaman yang lebih banyak dalam belajar.
Dari uraian dan
pendapat beberapa ahli di atas, dapatlah disimpulkan beberapa manfaat praktis
dari penggunaan media pembelajaran di dalam proses belajar mengajar sebagai
berikut :
1. Media
pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat
memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar.
2. Media
pembelajaran dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat
menimbulka motivasi belajar, interaksi yang lebih langsung antara siswa dan
lingkungannya, dan kemungkinan siswa untuk belajar sendiri-sendiri sesuai
dengan kemampuan dan minatnya.
3.
Media pembelajaran dapat mengatasi
keterbatasan indera, ruang, dan waktu.
a. Objek
atau benda yang terlalu besar untuk ditampilkan langsung diruang kelas dapat
diganti dengan gambar, foto, slide, realita, film, radio atau model.
b. Objek
atau benda yang terlalu kecil yang tidak tampak oleh indera dapat disajikan
dengan bantuan mikroskop, film, slide, atau gambar.
c. Kejadian
langka yang terjadi di masa lalu atau terjadi sekali dalam puluhan tahun dapat
ditampilkan melalui rekaman video, film, foto, slide di samping secara verbal.
d. Objek
atau proses yang amat rumit seperti peredaran darah dapat ditampilkan secara
konkret melalui film, gambar, slide, atau simulasi computer.
e. Objek
yang terlalu kompleks ( misalnya mesin-mesin) dapat disajikan dengan model,
diagram, dan lain-lain.
f. Peristiwa
alam seperti letusan gunung berapi atau
proses yang dalam kenyataan memakan waktu lama seperti proses kepompong
menjadi kupu-kupu dapat disajikan dengan tekhnik-tekhnik rekaman seperti time-lapse untuk film, video, slide atau
simulasi komputer.
4. Media
pembelajaran dapat memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa tentang
peristiwa-peristiwa dilingkungan mereka, serta memungkinkan terjadinya
interaksi langsung dengan guru, masyarakat, dan lingkungannya minsalnya melalui
karyawisata, kunjungan-kunjungan ke museum atau kebun binatang.
BAB III
PENUTUP
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Media
pembelajaran memiliki manfaat dan fungsi sebagai sarana bagi guru agar dapat
menyampaikan materi pelajaran menjedi lebih menarik, tidak hanya menonton,
tidak hanya berkhayal dan membayangkan saja tetapi siswa dapat melihat langsung
objek materi yang dipelajari walaupun hanya melalui gambaran ataupun video.
Dengan menggunakan media
pembelajaran proses belajar mengajar akan lebih menarik dan menambah minat
siswa dalam belajar serta proses belajar mengajar juga bisa berlangsung secara
efesien dan afektif.
DAFTAR
PUSTAKA
Arsyad Azhar, 2013. Media Pembelajaran. (cetakan
ke-16). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sadiman
Arif S, (dkk), 2010, Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan, dan
Pemanfaatan). (etakan ke-14). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar